//visitor

Saturday, May 26, 2012

Class Diagram dan Objek Diagram

Class Diagram dan Objek Diagram


Untuk mendesain sebuah sistem informasi yang sederhana, dibutuhkan juga class diagram dan objek diagram. Kenapa? karena diagram tersebut menggambarkan kelas-kelas yang akan digunakan pada nantinya dalam sistem informasi. Nah sekaran apa sih class diagram dan objek diagram itu sendiri?
Class diagram merupakan suatu diagram yang menggambarkan/memvisualisasikan struktur sistem dari kelas-kelas serta hubungannya. Class diagram ini juga menampilkan interaksi dalam kelas-kelas tersebut, atribut apa yang dimiliki atau operasi/metode apa yang dimiliki kelas itu,bagaimana jenis-jenis objek dalam sistem,batasan-batasan yang ada dalam hubungan objek itu,dsb.
Sedangkan yang dimaksud objek diagram adalah diagram yang memberikan gambaran struktur model sebuah sistem, dalam kurun waktu tertentu. Obyek diagram lebih konkrit daripada kelas diagram, dan sering digunakan untuk memberikan contoh-contoh, ataupun dalam menguji kasus untuk diagram kelas. Diagram Objek ini berfokus pada atribut, objek dan hubungan/korelasi antar objek.

Contoh dari tugas besar untuk class diagram dan objek diagram pada sistem informasi hotel :
Class Diagram
Diagram Class
Objek Diagram


Diagram Object






sumber : http://cheuw.com/class-diagram-dan-objek-diagram/#more-1002 (June 9th, 2010)

2 comments:

Anonymous said...

Artikel apa ini? Tidak mendidik

Unknown said...

TOLOL

Post a Comment

Search This Blog

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons